Senin, 13 Maret 2017

CONTOH GAME DESIGN DOCUMENT

Hai.. hai.. hai… teman-teman yang sekarang pengen buat game. Ini saya bagikan contoh game design document dari tugas kuliah saya pada zaman dahulu kala. Silahkan dibaca dan dicermati. Komentar dan sarannya ditunggu hehehe…


GAME DESIGN DOCUMENT
V.03






“Battle of Sriwijaya”






Anggota:

Triana Afriani H.E (1519250008)
Melvilius Welby (2014250025/ Captain)
Hotpin Riandesno (2014250054)
Septian Ahmad Yani (2014250070)
Vivian (2014250107)



BATTLE OF SRIWIJAYA

-- Experience/Theme --
Keadaan dimana kerajaan Sriwijaya saat itu menjadi kerajaan nusantara pertama yang menghendaki bersatunya wilayah-wilayah nusantara menjadi latar waktu, tempat dan keadaan pada permainan ini. Layaknya Kerajaan Sriwijaya di kehidupan nyata yang memiliki kekuatan pasukan maritim yang kuat, permainan ini memiliki cerita yang sama. Pada permainan ini, pemain dituntut untuk menjadi seorang nahkoda laut sekaligus kapten pada kapal perang yang dikendarainya. Kapal-kapal perang musuh dalam hal ini adalah pasukan Portugis, Inggris, Belanda dan Jepang (yang masing-masing menyerang pada level yang berbeda) saling berkerjasama untuk menyerang pemain, untuk itu pemain harus memiliki kemampuan untuk mengendalikan persediaan senjata yang dimilikinya dan posisi yang harus diambil sesuai strategi.

-- Problem Statement--
Pemain harus menjadi penguasa di Indonesia dengan cara  mengatur strategi untuk merebut wilayah musuh. Wilayah musuh yang sudah berhasil direbut dapat membuat wilayah kekuasaan pemain menjadi lebih luas. Pemain juga harus  mempertahankan kapal dari tembakan musuh dengan cara menggerakkan kapal ke segala arah agar tidak terkena tembakan dari musuh.

-- Story And Character –
Story:
Suatu hari ada seorang pemuda yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas.  Pada saat itu Si Pemuda melakukan kunjungan sekolah ke museum Balaputradewa. Dalam kunjungan itu entah kenapa perhatian Si Pemuda tiba-tiba tertuju pada replica prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya di museum tersebut. Dimensi ruang dan waktu saat itu seakan-akan mundur, entah apakah keadaan saat itu merupakan gambaran kehidupan lampau dari sang pemuda ataukah hanyalah khayalan semata.
Pemuda tersebut dalam sekejap menjadi seorang kapten dari suatu peperangan di hamparan laut nusantara. Dengan kemampuan dan strategi yang ada, Si Pemuda berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahanakan keutuhan kerajaan Sriwijaya yang diserang segerombolan pasukan musuh saat itu.  Mampukah Si Pemuda melakukan kewajiibannya sebagai kapten penentu nasib kemerdekaan nusantara. ”Ayo mainkan!!!”

Character:
-Player Si Pemuda (Karakter Utama): Seseorang yang menjadi kapten pemegang tanggung jawab besar yang mengerahkan seluruh kemampuan dan tenaganya dalam suatu pertempuran besar.
- Penjajah (Enemy) : Segerombolan pasukan musuh yang mengusik ketenangan laut nusantara dan mencoba untuk merebutnya dengan bermodalkan kekuatan senjata dan jumlah kapal perang yang lebih unggul.
  





-- Mechanics: Gameplay, Rule, Control, and Level Design --
Gameplay:
Game “Battle of Sriwijaya” berlatar belakangi seorang pemuda yang menjadi seorang kapten kapal perang kerajaan besar Sriwijaya. Game ini menjadikan pemain sebagai sosok dari seorang pemuda tersebut. Pemain memiliki kuasa dalam menentukan posisi menyerang,  sudut tembak yang tepat dan mengatur strategi penggunaan senjata yang memiliki jenis dengan tembakan dan jumlah persediaan yang berbeda-beda tentunya. Pada permainan ini daya tahan kapal pemain akan mengalami pengurangan apabila terkena tembakan musuh hingga pada akhirnya permainan akan terhenti oleh kekalahan jika daya tahan kapal pemain sudah habis. Untuk itu, pemain dapat memanfaatkan perlengkapan yang tersebar secara tidak merata di permukaan laut. Cara bermain disetiap level serupa, hanya saja jumlah musuh dan perlengkapan yang tersebar masing-masing meningkat dan berkurang untuk level yang lebih tinggi.

Rule
·         Pemain harus menembak kapal perang musuh dengan cepat dan tepat sebelum kapal perang musuh tersebut menembak lebih dulu.
·         Pemain dapat dinyatakan menang setelah berhasil mengalahkan semua kapal perang musuh.
·         Pemain dapat memilih untuk melanjutkan permainan dengan level yang lebih tinggi atau mendalami kemampuan bermain dengan level yang telah dilalui sebelumnya.

Control
·         Pemain dapat menentukan posisi kapal perang dan sudut menembak dengan menggunakan   keyboard. Kamera digunakan untuk mengubah posisi layar permainan. Sedangkan untuk kegiatan menembak sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan mouse, klik kanan pada mouse untuk meriam kanan dan klik kiri pada mouse untuk meriam kiri.

Level Design
Game Battle of Sriwijaya memiliki 2 level permainan, yaitu:
1.    Easy                     : Pada level ini pemain akan diserang oleh tentara Portugis dan Inggris dengan
     jumlah kapal yang terbilang sedikit. Banyak perlengkapan yang tersebar mengambang yang siap menambah daya tahan kapal pemain pada level ini.
2.  Medium               : Pada level medium kapal musuh yang dihadapi pemain berasal dari pasukan
                                    tentara  Belanda dan Jepang. Jumlah kapal musuh pada level ini sedikit bertambah sedangkan jumlah perlengkapan yang tersebar yang mengambang terhitung lebih sedikit dari level sebelumnya.

-- Aesthetics: Art, Sound and Music –
Daftar Aset:
·         Kapal
·         Tembakan meriam
·         Medical Box
·         Ranjau

Gambar Tampilan Awal Game Battle of Sriwijaya

                                                Gambar tampilan pada saat berperang

Grafik/Art:
Gambar yang digunakan untuk permainan ini merupakan gambar 3D pada saat permainan sedang berlangsung dan 2D pada saat pemilihan stage. Tingkat kesulitan permainan pada setiap stage berbeda-beda sesuai dengan stage yang dipilih pemain. Latar permainan akan tetap sama pada setiap stage, yaitu berada di tengah laut sehingga pemain tetap akan merasa sedang berperang di permukaan laut.

Sound and Music:
-          Sound effect tembakan (meriam)
-          Sound effect ombak di laut.
-          Background music pada tampilan menu.


-- Technology –
Game Engine     : Unity 3D Free
Design Graphic  : Adobe Photoshop
Sound Editor      : Audacity
­­
                                                                  
Project Plan:

No.
Aktivitas
Oktober
Minggu ke-
November
Minggu ke-
Desember
Minggu ke
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Game Design Document













a.    Menganalisis kebutuhan sistem dan desain sistem













b.    Merancang GDD













c.     Presentasi Iterasi 1













d.    Memperbaiki GDD












2
Protyping and Playtesting













a.     Early Prototype













-        Pembuatan prototype













-        Pembuatan fitur dasar













-        Mencari dan menyiapkan BGM dan sound effect dasar













-        Pengujian 1













-        Mendapat feedback













b.     Feature Complete













-        Melengkapi kekurangan













-        Mengembangkan fitur tambahan













-        Mixing sound effect and BGM













-        Pengujian 2













-        Mendapatkan feedback













c.     Polished Version













-        Finishing game













-        Membuat laporan akhir













-        Game Publishing












3
Pengumpulan













Pembagian Tugas:

1. Project Manager and System Analist      : Hotpin Riandesno S.
2. Programmer                                           : Semua Anggota
3. Dokumentasi                                          : Septian Ahmad Yani dan Vivian
4. Grafis                                                     : Triana Afriani H.E
5. Sound and  music                                  : Melvilius Welby dan Hotpin Riandesno S.


-- Peer Review –

Presentasi Iterasi -
Kendala dan Solusi
Pertanyaan
Dan Jawaban
Saran
1.
Kendala:
Kapal tidak mau bergerak maju dan tidak stabil

Solusi:
Menambahkan Force tekanan untuk gerakan kapal maju dan mundur, lalu menambahkan torque untuk gerakan kiri dan kanan.
Kelempok 7 (Satriya Iswara):
“Tolong jelakan secara singkat apakah genre dari game Battle of Sriwijaya ?”

Jawaban:
Game Battle of Sriwijaya secara garis besar bergenre action karena dalam memainkan game ini, pemain atau pemain dituntut untuk menembak kapal musuh agar dapat memenangkan permainan.

Kelompok 3 (Azizzurahman): “Apa saja teknologi khususnya software yang kalian gunakan dalam membuat game Battle of Surabaya?”

Jawaban:
Dalam membuat game Battle of Sriwijaya adapun teknologi terkhususnya software yang kami gunakan, yaitu: Unity 3D Free (game engine)
Adobe Photoshop (pengolah grafis)


















_
2.
Kendala:
Tembakan meriam lurus, tidak membentuk parabola

Solusi: menambahkan rumus sudut elevasi pada script fire ball.







-
Kelompok 1 (Medi Rahmadi):
“Script tembakan meriam (parabola) dapat dilihat pada unity tank tutorial”

Yohannes, M.Kom:
“1. Tambahkan spotlight untuk setiap partikel objek
2. Tambahkan gundukan untuk bersembunyi dari musuh
3. tambahkan medical box yang turun dari langit yang disesuaikan dengan waktu.

3.
Kendala:
Tidak ada sound background.



Solusi:
Menambahkan script sound manager dan slider volume music pada game.

Kendala:
Kapal perang musuh yang belum bergerak dan belum dapat menyerang pemain.

Solusi:
Kapal perang musuh dapat menyerang pemain secara dynamic untuk stop menyerang pemain. Pergerakan menggunakan Artificial Intelligence untuk menentukan arah gerak pemain yang menggunakan perhitungan, agar tidak bergerak secara static.












_













_







Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar