Hai.. hai.. hai… teman-teman yang sekarang pengen buat
game. Ini saya bagikan contoh game design document dari tugas kuliah saya pada
zaman dahulu kala. Silahkan dibaca dan dicermati. Komentar dan sarannya
ditunggu hehehe…
GAME DESIGN DOCUMENT
V.03
“Battle of
Sriwijaya”
Anggota:
Triana Afriani H.E
(1519250008)
Melvilius Welby (2014250025/
Captain)
Hotpin Riandesno
(2014250054)
Septian Ahmad Yani
(2014250070)
Vivian (2014250107)
BATTLE OF SRIWIJAYA
-- Experience/Theme
--
Keadaan dimana kerajaan Sriwijaya saat itu menjadi
kerajaan nusantara pertama yang menghendaki bersatunya wilayah-wilayah
nusantara menjadi latar waktu, tempat dan keadaan pada permainan ini. Layaknya
Kerajaan Sriwijaya di kehidupan nyata yang memiliki kekuatan pasukan maritim
yang kuat, permainan ini memiliki cerita yang sama. Pada permainan ini, pemain
dituntut untuk menjadi seorang nahkoda laut sekaligus kapten pada kapal perang
yang dikendarainya. Kapal-kapal perang musuh dalam hal ini adalah pasukan
Portugis, Inggris, Belanda dan Jepang (yang masing-masing menyerang pada level
yang berbeda) saling berkerjasama untuk menyerang pemain, untuk itu pemain
harus memiliki kemampuan untuk mengendalikan persediaan senjata yang
dimilikinya dan posisi yang harus diambil sesuai strategi.
-- Problem Statement--
Pemain
harus menjadi penguasa di Indonesia dengan cara mengatur strategi untuk merebut wilayah musuh.
Wilayah musuh yang sudah berhasil direbut dapat membuat wilayah kekuasaan
pemain menjadi lebih luas. Pemain juga harus
mempertahankan kapal dari tembakan musuh dengan cara menggerakkan kapal
ke segala arah agar tidak terkena tembakan dari musuh.
-- Story And Character –
Story:
Suatu hari ada seorang pemuda yang masih duduk di
bangku Sekolah Menengah Atas. Pada saat
itu Si Pemuda melakukan kunjungan sekolah ke museum Balaputradewa. Dalam
kunjungan itu entah kenapa perhatian Si Pemuda tiba-tiba tertuju pada replica
prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya di museum tersebut. Dimensi ruang dan
waktu saat itu seakan-akan mundur, entah apakah keadaan saat itu merupakan gambaran
kehidupan lampau dari sang pemuda ataukah hanyalah khayalan semata.
Pemuda tersebut dalam sekejap menjadi seorang kapten
dari suatu peperangan di hamparan laut nusantara. Dengan kemampuan dan strategi
yang ada, Si Pemuda berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahanakan keutuhan
kerajaan Sriwijaya yang diserang segerombolan pasukan musuh saat itu. Mampukah Si Pemuda melakukan kewajiibannya
sebagai kapten penentu nasib kemerdekaan nusantara. ”Ayo mainkan!!!”
Character:
-Player Si Pemuda (Karakter Utama): Seseorang yang
menjadi kapten pemegang tanggung jawab besar yang mengerahkan seluruh kemampuan
dan tenaganya dalam suatu pertempuran besar.
- Penjajah (Enemy) : Segerombolan pasukan musuh yang
mengusik ketenangan laut nusantara dan mencoba untuk merebutnya dengan
bermodalkan kekuatan senjata dan jumlah kapal perang yang lebih unggul.
-- Mechanics: Gameplay, Rule, Control, and Level Design --
Gameplay:
Game “Battle of Sriwijaya” berlatar belakangi seorang
pemuda yang menjadi seorang kapten kapal perang kerajaan besar Sriwijaya. Game
ini menjadikan pemain sebagai sosok dari seorang pemuda tersebut. Pemain
memiliki kuasa dalam menentukan posisi menyerang, sudut tembak yang tepat dan mengatur strategi
penggunaan senjata yang memiliki jenis dengan tembakan dan jumlah persediaan
yang berbeda-beda tentunya. Pada permainan ini daya tahan kapal pemain akan
mengalami pengurangan apabila terkena tembakan musuh hingga pada akhirnya
permainan akan terhenti oleh kekalahan jika daya tahan kapal pemain sudah
habis. Untuk itu, pemain dapat memanfaatkan perlengkapan yang tersebar secara
tidak merata di permukaan laut. Cara bermain disetiap level serupa, hanya saja
jumlah musuh dan perlengkapan yang tersebar masing-masing meningkat dan
berkurang untuk level yang lebih tinggi.
Rule
·
Pemain harus menembak kapal perang musuh dengan cepat
dan tepat sebelum kapal perang musuh tersebut menembak lebih dulu.
·
Pemain dapat dinyatakan menang setelah berhasil
mengalahkan semua kapal perang musuh.
·
Pemain dapat memilih untuk melanjutkan permainan
dengan level yang lebih tinggi atau mendalami kemampuan bermain dengan level
yang telah dilalui sebelumnya.
Control
·
Pemain dapat menentukan posisi kapal perang dan sudut
menembak dengan menggunakan keyboard. Kamera digunakan untuk
mengubah posisi layar permainan. Sedangkan untuk kegiatan menembak sendiri bisa
dilakukan dengan menggunakan mouse,
klik kanan pada mouse untuk meriam
kanan dan klik kiri pada mouse untuk
meriam kiri.
Level
Design
Game Battle of Sriwijaya memiliki 2 level permainan,
yaitu:
1. Easy : Pada level ini pemain akan
diserang oleh tentara Portugis dan Inggris dengan
jumlah kapal
yang terbilang sedikit. Banyak perlengkapan yang tersebar mengambang yang siap
menambah daya tahan kapal pemain pada level ini.
2. Medium : Pada level medium kapal musuh
yang dihadapi pemain berasal dari pasukan
tentara Belanda dan Jepang. Jumlah kapal musuh pada
level ini sedikit bertambah sedangkan jumlah perlengkapan yang tersebar yang
mengambang terhitung lebih sedikit dari level sebelumnya.
--
Aesthetics: Art, Sound and Music –
Daftar
Aset:
·
Kapal
·
Tembakan
meriam
·
Medical
Box
·
Ranjau
Gambar
Tampilan Awal Game Battle of Sriwijaya
Grafik/Art:
Gambar yang digunakan untuk permainan ini merupakan
gambar 3D pada saat permainan sedang berlangsung dan 2D pada saat pemilihan stage. Tingkat kesulitan permainan pada setiap
stage berbeda-beda sesuai dengan stage yang dipilih pemain. Latar
permainan akan tetap sama pada setiap stage,
yaitu berada di tengah laut sehingga pemain tetap akan merasa sedang berperang
di permukaan laut.
Sound and
Music:
-
Sound
effect tembakan (meriam)
-
Sound
effect ombak di laut.
-
Background
music pada tampilan menu.
-- Technology –
Game Engine :
Unity 3D Free
Design Graphic :
Adobe Photoshop
Sound Editor :
Audacity
Project
Plan:
No.
|
Aktivitas
|
Oktober
Minggu ke-
|
November
Minggu ke-
|
Desember
Minggu ke
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Game Design Document
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Menganalisis kebutuhan sistem dan desain sistem
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Merancang GDD
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Presentasi Iterasi 1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Memperbaiki GDD
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Protyping and Playtesting
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Early Prototype
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Pembuatan prototype
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Pembuatan fitur dasar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Mencari dan menyiapkan BGM
dan sound effect dasar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Pengujian 1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Mendapat feedback
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Feature Complete
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Melengkapi kekurangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Mengembangkan fitur
tambahan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Mixing sound effect and BGM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Pengujian 2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Mendapatkan feedback
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Polished Version
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Finishing game
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Membuat laporan akhir
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Game Publishing
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Pengumpulan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pembagian Tugas:
1. Project Manager and System Analist : Hotpin Riandesno S.
2. Programmer :
Semua Anggota
3. Dokumentasi :
Septian Ahmad Yani dan Vivian
4. Grafis :
Triana Afriani H.E
5.
Sound and music : Melvilius Welby dan Hotpin
Riandesno S.
-- Peer Review –
Presentasi Iterasi -
|
Kendala dan Solusi
|
Pertanyaan
Dan Jawaban
|
Saran
|
1.
|
Kendala:
Kapal tidak mau bergerak maju dan tidak stabil
Solusi:
Menambahkan Force tekanan untuk gerakan kapal maju
dan mundur, lalu menambahkan torque untuk gerakan kiri dan kanan.
|
Kelempok 7 (Satriya
Iswara):
“Tolong jelakan secara singkat apakah genre dari game Battle of Sriwijaya ?”
Jawaban:
Game Battle of Sriwijaya secara garis besar bergenre
action karena dalam memainkan game
ini, pemain atau pemain dituntut untuk menembak kapal musuh agar dapat
memenangkan permainan.
Kelompok
3 (Azizzurahman): “Apa
saja teknologi khususnya software yang kalian gunakan dalam membuat game
Battle of Surabaya?”
Jawaban:
Dalam membuat game Battle of Sriwijaya adapun
teknologi terkhususnya software yang kami gunakan, yaitu: Unity 3D Free (game
engine)
Adobe Photoshop (pengolah grafis)
|
_
|
2.
|
Kendala:
Tembakan meriam lurus, tidak membentuk parabola
Solusi:
menambahkan rumus sudut
elevasi pada script fire ball.
|
-
|
Kelompok
1 (Medi Rahmadi):
“Script tembakan meriam (parabola) dapat dilihat
pada unity tank tutorial”
Yohannes,
M.Kom:
“1. Tambahkan spotlight untuk setiap partikel objek
2. Tambahkan gundukan untuk bersembunyi dari musuh
3. tambahkan medical box yang turun dari langit yang
disesuaikan dengan waktu.
|
3.
|
Kendala:
Tidak ada sound
background.
Solusi:
Menambahkan script sound manager dan slider volume
music pada game.
Kendala:
Kapal perang musuh yang belum bergerak dan belum
dapat menyerang pemain.
Solusi:
Kapal perang musuh dapat menyerang pemain secara dynamic untuk stop menyerang pemain.
Pergerakan menggunakan Artificial
Intelligence untuk menentukan arah gerak pemain yang menggunakan
perhitungan, agar tidak bergerak secara static.
|
_
|
_
|
0 komentar:
Posting Komentar