Pengertian Human-Computer Interaction
Interaksi Manusia dan Komputer atau biasa disebut Manusia dan Mesin adalah desain yang dibuat guna mencipatakan keselarasan antara pengguna, mesin dan kinerja yang diperlukan dalam rangka untuk mencapai hasil yang berkualitas dan optimal atas layanan tertentu.
Desain Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) yang baik yaitu sebagian besar bersifat subjektif dan tergantung pada konteksnya. Sebagai contoh, bagian perancang alat sebuah pesawat harus menyediakan presisi yang tinggi dalam pandangan dan desain dari bagian-bagian pesawat tersebut, di sisi lain aplikasi pengolah grafis (graphics editing software) mungkin tidak perlu presisi seperti itu. Sedangkan untuk contoh jenis IMK yang dirancang dengan tujuan yang sama adalah penggunaan perintah, menu, antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interfaces), atau virtual reality (VR) untuk mengakses fungsi dari setiap layanan yang computer berikan.
Perkembangan Desain Human-Computer Interaction
Seiring perkembang zaman, secara ekonomi dan teknologi penting untuk membuat desain IMK yang menyediakan kemudahan, pengalaman yang lebih baik, dan memuaskan bagi pengguna. Dan untuk mendapatkan hal ini interface yang diberikan haruslah tampak nyata dan alami. Evolusi interface saat ini berjalan sangat baik. Mulai dari:
Mesin ketik yang menyediakan tombol-tombol alphabet,
Personal Komputer dan Tablet yang dapat mendigitalkan tulisan tangan menjadi teks.
Maupun alat transkrip yang mampu secara otomatis mengubah apapun yang kita katakan sehingga kitapun tidak perlu untuk menulis sama sekali.
Salah satu faktor penting yang membedakan antarmuka adalah cara pembuatannya. Dimana pembuatan tersebut dibagi menjadi Dua, yaiitu:
Intelligent HCI (Interaksi Manusia dan Komputer yang Cerdas)
Adaptive HCI (Interaksi Manusia dan Komputer yang Adaptif)
Intelligent Human-Computer Interaction
Intelligent HCI setidaknya dalam penggunaannya menggabungkan beberapa jenis kecerdasan buatan yang dapat memberikan respon kepada pennguna. Contohnya, pidato yang menggunakan antarmuka yang secara alami digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna dan perangkat yang secara visual melacak gerakan atau tatapan pengguna dan menanggappinya demikian pula.
Adaptive Human-Computer Interaction
Adaptive HCI dalam pembuatannya mungkin tidak menggunakan kecerdasan buatan dalam menciptakan antarmuka akan tetapi dengan terus beinteraksi dengan pengguna. Sebuah website- GUI yang secara regular menjual berbagai produk akan disebut adaptif jika ia memiliki kemampuan untuk mengenali pengguna dan menyimpan memori pencarian dan pembelian serta cerdas dalam mencari, menemukan, dan menyarankan produk yang dijual yang dianggapya mungkin pengguna membutuhkannya,
Sistem Arsitektur HCI Unimodal
Sistem Arsitektur HCI Unimodal adalah sebuah sistem yang didasarkan pada satu modalitas. Berdasarkan sifat modalitas yang berbeda, HCI Unimodal dapat dibedakan menjadi Tiga, yaitu:
Berbasis Visual
Berbasis Audio
Berbasis Sensor
Sistem Arsitektur HCI Multimodal
Sistem Arsitektur HCI Multimodal adalah sebuah sistem yang didasarkan pada banyak modalitas. Antarmuka multimodal bertindak sebagai fasilitator HCI melalui dua atau lebih mode input yang melampaui keyboard tradisional dan mouse. Contohnya terdapat pada:
Smart Video Conferencing
Intelligent Homes/Offices
Driver Monitoring
Intelligent Games
E-Commerce
Helping People with Disabilities [64]
Semoga ringkasan jurnalnya bermanfaat bagi teman-teman semua. “So Keep Studying ya >0<!!!”
Sumber:
Internasional Journal Human-Computer Interaction: Overview on State of the Art by University of Waterloo, Waterloo, Canada (http://www.s2is.org/issues/v1/n1/papers9.pdf)
MANTAP INFORMASINYA
BalasHapusMy blog