Minggu, 19 Maret 2017

THE SEVEN PILLARS OF INFORMATION LITERACY: THE CORE MODEL


Hai.. hai.. hai.. lagi-lagi saya mau meningatkan teman-teman tentang hubungan kita sebagai masyarakat dengan computer. Artikel ini saya ringkas dari jurnal SCONUL Working Group April, 2011.  Jadi didalam arrtkel ini akan dibahas mengenai etika kita dalam mendapatkan maupun memberikan informasi ke khalayak ramai terutama lewat internet ya… So, silahkan dibaca dan jangan lupa komentarnya ya.. teman-teman..



Pengertian
Literasi informasi adalah istilah umum yang mencakup oknsep-konsep seperti digital, visual, dan kemahiran media, literasi akademik, penanganan informasi, keterampilan informasi, kurasi dan data pengelolaan. Orang yang melek informasi akan menunjukkan kesadaran tentang bagaimana mereka mengumpulkan, menggunakan, mengelola, mensintesis dan menciptakan informasi dan data dengan cara yang etis dan akan memiiki keterampilan informasi untuk melakukannya secara efektif. Setiap  pilar pada Tujuh Pilar Literasi Informasi memungkinkan seorang individu dapat berkembang dari “pemula” untuk “ahli” sebagai kemajuan dari kehidupan belajar mereka meskipun dunia informasi terus berubah dan berkembang masihlah mungkin untuk bergerak ke bawah pilar-pilar tersebut.

Cara menggunakan model ini
Model ini dipahami sebagai "bangunan" 3D melingkar, didirikan pada lanskap informasi yang terdiri dari dunia informasi seperti yang dirasakan oleh seorang individu pada suatu waktu. Gambar tersebut juga diwarnai dengan informasi pribadi lanskap melek individu, dengan kata lain, bakat mereka, latar belakang dan pengalaman, yang akan mempengaruhi bagaimana mereka menanggapi setiap perkembangan literasi informasi.
Sifat melingkar dari model menunjukkan bahwa menjadi informasi melek bukanlah proses linear; seseorang dapat berkembang dalam beberapa pilar secara simultan dan independen, meskipun dalam praktiknya itu semua berkaitan erat.
Masing-masing pilar lebih lanjut dijelaskan oleh serangkaian pernyataan yang berkaitan dengan seperangkat keterampilan / kompetensi dan seperangkat sikap / pemahaman. Diharapkan bahwa seseorang menjadi lebih melek informasi dan lebih dari sekedar atribut di setiap pilar dan bergerak menuju bagian atas pilar. Nama-nama pilar dapat digunakan untuk memetakan seluruh ke kerangka lain (misalnya, Kerangka Pengembangan Peneliti (Vitae, 2010)) atau untuk menggambarkan bagian dari proses pembelajaran.
Model inti menggambarkan seperangkat keterampilan generik dan pemahaman; bagi masyarakat pengguna yang berbeda "lensa" dapat dikembangkan yang menyoroti atribut yang berbeda, menambahkan dalam laporan yang lebih kompleks atau sederhana dan menggunakan bahasa yang diakui oleh masyarakat tertentu yang diwakilinya. Dengan cara ini, diharapkan model dapat digunakan secara fleksibel oleh individu dan guru yang dapat beradaptasi sesuai dengan keadaan pribadi.



1.    Identifikasi
Mampu mengidentifikasi kebutuhan pribadi untuk informasi
Memahami:
·      Bahwa informasi baru dan data terus-menerus diproduksi dan bahwa selalu ada lebih untuk belajar Bahwa menjadi melek informasi melibatkan mengembangkan kebiasaan belajar informasi sehingga selalu aktif.
·      Ide-ide dan peluang yang diciptakan dari menyelidiki / mencari informasi
·      Skala dunia informasi yang dipublikasikan dan yang tidak dipublikasikan dan data
Melalui:
·      Mengidentifikasi kurangnya pengetahuan dalam bidang subjek
·      Mengidentifikasi pencarian topik / pertanyaan dan mendefinisikannya menggunakan terminology sederhana
·      Mengartikulasikan pengetahuan terkini tentang topik
·      Mengakui kebutuhan untuk informasi dan data untuk mencapai akhir yang spesifik dan menentukan batas-batas informasi perlu
·      Gunakan informasi latar belakang untuk mendukung pencarian Ambil tanggung jawab pribadi untuk pencarian informasi
·      Mengelola waktu secara efektif untuk menyelesaikan pencarian

2.    Cakupan
Dapat menilai pengetahuan saat ini dan mengidentifikasi kesenjangan
Memahami:
·      Apa jenis informasi yang tersedia
·      Karakteristik dari berbagai jenis sumber informasi yang tersedia bagi mereka dan bagaimana mereka dapat dipengaruhi oleh format (digital, cetak)
·      Proses penerbitan dalam hal mengapa individu mempublikasikan dan mata uang
·      Isu informasi aksesibilitas apa layanan yang tersedia untuk membantu dan bagaimana untuk mengaksesnya
Melalui:
·      "Tahu apa yang Anda tidak tahu" untuk mengidentifikasi kesenjangan informasi
·      Mengidentifikasi jenis informasi terbaik akan memenuhi kebutuhan
·      Mengidentifikasi perangkat pencarian yang tersedia, seperti umum dan subjek sumber daya khusus pada tingkat yang berbeda
·      Mengidentifikasi format yang berbeda di mana informasi dapat diberikan
·      Menunjukkan kemampuan untuk menggunakan alat-alat baru yang telah tersedia

3.    Rencana
Dapat membangun strategi untuk mencari informasi dan data
Memahami:
·      Kisaran teknik yang tersedia untuk mencari informasi mencari
·      Perbedaan antara perangkat pencarian, keuntungan mengakui dan keterbatasan
·      Mengapa strategi pencarian kompleks dapat membuat perbedaan untuk luas dan kedalaman informasi yang ditemukan
·      Kebutuhan untuk mengembangkan pendekatan untuk mencari sehingga alat-alat baru yang dicari untuk setiap pertanyaan baru (tidak mengandalkan selalu paling akrab sumber)
·      Kebutuhan untuk merevisi kata kunci dan menyesuaikan strategi pencarian sesuai dengan sumber daya yang tersedia dan / atau hasil
·      Nilai kosakata terkontrol dan taksonomi dalam mencari
Melalui:
·      Lingkup pertanyaan pencarian mereka jelas dan dalam bahasa yang sesuai
·      Tentukan strategi pencarian dengan menggunakan kata kunci dan konsep yang tepat, mendefinisikan dan menetapkan batas
·      Pilih perangkat pencarian yang paling tepat
·      Mengidentifikasi kosakata terkontrol dan taksonomi untuk membantu dalam mencari jika sesuai Mengidentifikasi teknik pencarian yang sesuai untuk digunakan sebagai diperlukan
·      Identifikasi perangkat pencarian spesialis yang sesuai untuk setiap kebutuhan informasi individual

4.    Mengumpulkan
Dapat mencari dan mengakses informasi dan data yang mereka butuhkan
Memahami:
·      Bagaimana informasi dan data diorganisasi, digital dan sumber cetak
·      Bagaimana perpustakaan menyediakan akses ke sumber daya
·      Bagaimana teknologi digital yang menyediakan alat-alat kolaborasi untuk menciptakan dan berbagi informasi
·      Isu yang terlibat dalam mengumpulkan data baru
·      Unsur-unsur yang berbeda dari kutipan dan bagaimana ini menjelaskan sumber informasi
·      Penggunaan abstrak
·      Kebutuhan untuk tetap up to date dengan informasi baru
·      Perbedaan antara gratis dan berbayar untuk sumber
·      Risiko yang terlibat dalam operasi di dunia maya Pentingnya menilai dan mengevaluasi hasil penelusuran
Melalui:
·      Menggunakan berbagai alat pengambilan dan sumber daya secara efektif
·      Membangun penelusuran kompleks sesuai dengan informasi teks lengkap digital dan sumber daya cetak Akses yang berbeda, baik cetak maupun digital, membaca dan download materi online dan data Menggunakan teknik yang tepat untuk mengumpulkan data baru
·      Tetap up to date dengan informasi baru terlibat dengan komunitas mereka untuk berbagi informasi Mengidentifikasi ketika informasi perlu belum terpenuhi
·      Gunakan secara online dan dicetak bantuan dan dapat menemukan pribadi, bantuan ahli

5.    Evaluasi
Dapat meninjau proses penelitian dan membandingkan dan mengevaluasi informasi dan data
Memahami:
·      Informasi dan data lanskap
·      Isu pembelajaran / konteks penelitian mereka kualitas, akurasi, relevansi, bias, reputasi dan kredibilitas yang berkaitan dengan informasi dan sumber data
·      Bagaimana informasi dievaluasi dan diterbitkan, untuk membantu menginformasikan proses evaluasi pribadi
·      Pentingnya konsistensi dalam pengumpulan data
·      Pentingnya kutipan dalam pembelajaran / konteks penelitian mereka
Melalui:
·      Membedakan antara sumber informasi yang berbeda dan informasi yang mereka berikan
·      Pilih bahan yang cocok pada topik pencarian mereka, dengan menggunakan kriteria yang sesuai
·      Menilai kualitas, akurasi, relevansi, bias, reputasi dan kredibilitas sumber informasi yang ditemukan Menilai kredibilitas data dikumpulkan
·      Baca kritis, mengidentifikasi poin kunci dan argumen
·      Kaitkan informasi yang ditemukan dengan strategi pencarian asli
·      Kritis menilai dan mengevaluasi temuan mereka sendiri dan orang lain tahu kapan harus berhenti

6.    Mengelola
Dapat mengatur informasi secara profesional dan etis
Memahami:
·      Tanggung jawab mereka untuk jujur ​​dalam segala aspek penanganan informasi dan sosialisasi (misalnya hak cipta, plagiat dan kekayaan intelektual isu)
·      Kebutuhan untuk mengadopsi metode penanganan data yang sesuai
·      Peran mereka bermain dalam membantu orang lain dalam mencari informasi dan manajemen
·      Kebutuhan untuk menyimpan catatan sistematis
·      Pentingnya menyimpan dan berbagi informasi dan data etis
·      Peran profesional, seperti manajer data dan pustakawan, yang dapat memberikan saran, membantu dan mendukung dengan semua aspek manajemen informasi
Melalui:
·      Gunakan perangkat lunak bibliografi jika sesuai untuk mengelola informasi
·      Cite cetak dan sumber-sumber elektronik dengan menggunakan gaya referensi yang cocok
·      Kreasi bibliografi tepat diformat
·      Menunjukkan kesadaran akan masalah yang berkaitan dengan hak orang lain termasuk etika, perlindungan data, hak cipta, plagiat dan masalah kekayaan intelektual lainnya
·      Memenuhi standar perilaku untuk integritas akademik
·      Gunakan data yang sesuai perangkat lunak manajemen dan teknik untuk mengelola data

7.    Menyajikan
Dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh: mempresentasikan hasil penelitian mereka, mensintesis informasi baru dan lama dan data untuk menciptakan pengetahuan baru dan menyebarkan dalam berbagai cara
Memahami:
·      Perbedaan antara meringkas dan mensintesis
·      Bentuk yang berbeda dari gaya penulisan / presentasi
·      Dapat digunakan untuk menyajikan informasi kepada masyarakat yang berbeda
·      Data yang dapat disajikan dalam berbagai cara
·      Tanggung jawab pribadi mereka untuk menyimpan dan berbagi informasi dan data
·      Tanggung jawab pribadi mereka untuk menyebarkan informasi & pengetahuan
·      Bagaimana pekerjaan mereka akan dievaluasi
·      Proses penerbitan
·      Konsep atribusi
·      Individu dapat mengambil bagian aktif dalam penciptaan informasi melalui penerbitan tradisional dan teknologi digital (misalnya blog, wiki)
Melalui:
·      Gunakan informasi dan data yang ditemukan untuk mengatasi pertanyaan awal
·      Simpulkan dokumen dan laporan secara lisan dan tertulis
·      Memasukkan informasi baru ke dalam konteks
·      Analisa pengetahuan yang ada dan menyajikan data secara tepat
·      Mensintesis dan menilai informasi baru dan kompleks dari berbagai sumber
·      Berkomunikasi secara efektif menggunakan gaya penulisan yang sesuai dalam berbagai format Berkomunikasi secara efektif secara lisan
·      Pilih publikasi yang sesuai dan outlet diseminasi di mana untuk mempublikasikan jika sesuai Mengembangkan profil pribadi di masyarakat menggunakan jaringan yang sesuai pribadi dan teknologi digital (misalnya daftar diskusi, situs jejaring sosial, blog, dll ).




Yup, cukup sekian dan semoga artikel ini bermanfaat.:D


Sumber:

https://www.sconul.ac.uk/sites/default/files/documents/coremodel.pdf

Related Posts:

0 komentar:

Posting Komentar