Hai.. hai.. hai.. lagi-lagi saya mau meningatkan
teman-teman tentang hubungan kita sebagai masyarakat dengan computer. Artikel
ini saya ringkas dari jurnal SCONUL Working Group April, 2011. Jadi didalam arrtkel ini akan dibahas mengenai
etika kita dalam mendapatkan maupun memberikan informasi ke khalayak ramai
terutama lewat internet ya… So, silahkan dibaca dan jangan lupa komentarnya
ya.. teman-teman..
Pengertian
Literasi informasi adalah istilah umum yang mencakup
oknsep-konsep seperti digital, visual, dan kemahiran media, literasi akademik,
penanganan informasi, keterampilan informasi, kurasi dan data pengelolaan. Orang
yang melek informasi akan menunjukkan kesadaran tentang bagaimana mereka
mengumpulkan, menggunakan, mengelola, mensintesis dan menciptakan informasi dan
data dengan cara yang etis dan akan memiiki keterampilan informasi untuk melakukannya
secara efektif. Setiap pilar pada Tujuh
Pilar Literasi Informasi memungkinkan seorang individu dapat berkembang dari
“pemula” untuk “ahli” sebagai kemajuan dari kehidupan belajar mereka meskipun
dunia informasi terus berubah dan berkembang masihlah mungkin untuk bergerak ke
bawah pilar-pilar tersebut.
Cara menggunakan model ini
Model ini dipahami sebagai "bangunan" 3D
melingkar, didirikan pada lanskap informasi yang terdiri dari dunia informasi
seperti yang dirasakan oleh seorang individu pada suatu waktu. Gambar tersebut
juga diwarnai dengan informasi pribadi lanskap melek individu, dengan kata
lain, bakat mereka, latar belakang dan pengalaman, yang akan mempengaruhi
bagaimana mereka menanggapi setiap perkembangan literasi informasi.
Sifat melingkar dari model menunjukkan bahwa menjadi
informasi melek bukanlah proses linear; seseorang dapat berkembang dalam
beberapa pilar secara simultan dan independen, meskipun dalam praktiknya itu
semua berkaitan erat.
Masing-masing pilar lebih lanjut dijelaskan oleh
serangkaian pernyataan yang berkaitan dengan seperangkat keterampilan /
kompetensi dan seperangkat sikap / pemahaman. Diharapkan bahwa seseorang
menjadi lebih melek informasi dan lebih dari sekedar atribut di setiap pilar
dan bergerak menuju bagian atas pilar. Nama-nama pilar dapat digunakan untuk
memetakan seluruh ke kerangka lain (misalnya, Kerangka Pengembangan Peneliti
(Vitae, 2010)) atau untuk menggambarkan bagian dari proses pembelajaran.
Model inti menggambarkan seperangkat keterampilan generik
dan pemahaman; bagi masyarakat pengguna yang berbeda "lensa" dapat
dikembangkan yang menyoroti atribut yang berbeda, menambahkan dalam laporan
yang lebih kompleks atau sederhana dan menggunakan bahasa yang diakui oleh
masyarakat tertentu yang diwakilinya. Dengan cara ini, diharapkan model dapat
digunakan secara fleksibel oleh individu dan guru yang dapat beradaptasi sesuai
dengan keadaan pribadi.
1.
Identifikasi
Mampu mengidentifikasi kebutuhan pribadi untuk
informasi
Memahami:
· Bahwa
informasi baru dan data terus-menerus diproduksi dan bahwa selalu ada lebih
untuk belajar Bahwa menjadi melek informasi melibatkan mengembangkan kebiasaan
belajar informasi sehingga selalu aktif.
· Ide-ide dan
peluang yang diciptakan dari menyelidiki / mencari informasi
· Skala
dunia informasi yang dipublikasikan dan yang tidak dipublikasikan dan data
Melalui:
· Mengidentifikasi
kurangnya pengetahuan dalam bidang subjek
· Mengidentifikasi
pencarian topik / pertanyaan dan mendefinisikannya menggunakan terminology sederhana
· Mengartikulasikan
pengetahuan terkini tentang topik
· Mengakui
kebutuhan untuk informasi dan data untuk mencapai akhir yang spesifik dan
menentukan batas-batas informasi perlu
· Gunakan
informasi latar belakang untuk mendukung pencarian Ambil tanggung jawab pribadi
untuk pencarian informasi
· Mengelola
waktu secara efektif untuk menyelesaikan pencarian
2.
Cakupan
Dapat menilai pengetahuan saat ini dan
mengidentifikasi kesenjangan
Memahami:
· Apa jenis
informasi yang tersedia
· Karakteristik
dari berbagai jenis sumber informasi yang tersedia bagi mereka dan bagaimana
mereka dapat dipengaruhi oleh format (digital, cetak)
· Proses
penerbitan dalam hal mengapa individu mempublikasikan dan mata uang
· Isu
informasi aksesibilitas apa layanan yang tersedia untuk membantu dan bagaimana
untuk mengaksesnya
Melalui:
· "Tahu
apa yang Anda tidak tahu" untuk mengidentifikasi kesenjangan informasi
· Mengidentifikasi
jenis informasi terbaik akan memenuhi kebutuhan
· Mengidentifikasi
perangkat pencarian yang tersedia, seperti umum dan subjek sumber daya khusus
pada tingkat yang berbeda
· Mengidentifikasi
format yang berbeda di mana informasi dapat diberikan
· Menunjukkan
kemampuan untuk menggunakan alat-alat baru yang telah tersedia
3.
Rencana
Dapat membangun strategi untuk mencari informasi dan
data
Memahami:
· Kisaran
teknik yang tersedia untuk mencari informasi mencari
· Perbedaan
antara perangkat pencarian, keuntungan mengakui dan keterbatasan
· Mengapa strategi
pencarian kompleks dapat membuat perbedaan untuk luas dan kedalaman informasi
yang ditemukan
· Kebutuhan
untuk mengembangkan pendekatan untuk mencari sehingga alat-alat baru yang
dicari untuk setiap pertanyaan baru (tidak mengandalkan selalu paling akrab
sumber)
· Kebutuhan
untuk merevisi kata kunci dan menyesuaikan strategi pencarian sesuai dengan
sumber daya yang tersedia dan / atau hasil
· Nilai
kosakata terkontrol dan taksonomi dalam mencari
Melalui:
· Lingkup
pertanyaan pencarian mereka jelas dan dalam bahasa yang sesuai
· Tentukan
strategi pencarian dengan menggunakan kata kunci dan konsep yang tepat,
mendefinisikan dan menetapkan batas
· Pilih
perangkat pencarian yang paling tepat
· Mengidentifikasi
kosakata terkontrol dan taksonomi untuk membantu dalam mencari jika sesuai
Mengidentifikasi teknik pencarian yang sesuai untuk digunakan sebagai
diperlukan
· Identifikasi
perangkat pencarian spesialis yang sesuai untuk setiap kebutuhan informasi
individual
4.
Mengumpulkan
Dapat mencari dan mengakses informasi dan data yang
mereka butuhkan
Memahami:
· Bagaimana
informasi dan data diorganisasi, digital dan sumber cetak
· Bagaimana
perpustakaan menyediakan akses ke sumber daya
· Bagaimana
teknologi digital yang menyediakan alat-alat kolaborasi untuk menciptakan dan
berbagi informasi
· Isu yang
terlibat dalam mengumpulkan data baru
· Unsur-unsur
yang berbeda dari kutipan dan bagaimana ini menjelaskan sumber informasi
· Penggunaan
abstrak
· Kebutuhan
untuk tetap up to date dengan informasi baru
· Perbedaan
antara gratis dan berbayar untuk sumber
· Risiko
yang terlibat dalam operasi di dunia maya Pentingnya menilai dan mengevaluasi
hasil penelusuran
Melalui:
· Menggunakan
berbagai alat pengambilan dan sumber daya secara efektif
· Membangun
penelusuran kompleks sesuai dengan informasi teks lengkap digital dan sumber
daya cetak Akses yang berbeda, baik cetak maupun digital, membaca dan download
materi online dan data Menggunakan teknik yang tepat untuk mengumpulkan data
baru
· Tetap up
to date dengan informasi baru terlibat dengan komunitas mereka untuk berbagi
informasi Mengidentifikasi ketika informasi perlu belum terpenuhi
· Gunakan
secara online dan dicetak bantuan dan dapat menemukan pribadi, bantuan ahli
5.
Evaluasi
Dapat meninjau proses penelitian dan membandingkan dan
mengevaluasi informasi dan data
Memahami:
· Informasi
dan data lanskap
· Isu
pembelajaran / konteks penelitian mereka kualitas, akurasi, relevansi, bias,
reputasi dan kredibilitas yang berkaitan dengan informasi dan sumber data
· Bagaimana
informasi dievaluasi dan diterbitkan, untuk membantu menginformasikan proses
evaluasi pribadi
· Pentingnya
konsistensi dalam pengumpulan data
· Pentingnya
kutipan dalam pembelajaran / konteks penelitian mereka
Melalui:
· Membedakan
antara sumber informasi yang berbeda dan informasi yang mereka berikan
· Pilih
bahan yang cocok pada topik pencarian mereka, dengan menggunakan kriteria yang
sesuai
· Menilai
kualitas, akurasi, relevansi, bias, reputasi dan kredibilitas sumber informasi
yang ditemukan Menilai kredibilitas data dikumpulkan
· Baca
kritis, mengidentifikasi poin kunci dan argumen
· Kaitkan
informasi yang ditemukan dengan strategi pencarian asli
· Kritis
menilai dan mengevaluasi temuan mereka sendiri dan orang lain tahu kapan harus
berhenti
6.
Mengelola
Dapat mengatur informasi secara profesional dan etis
Memahami:
· Tanggung
jawab mereka untuk jujur dalam segala aspek penanganan informasi dan
sosialisasi (misalnya hak cipta, plagiat dan kekayaan intelektual isu)
· Kebutuhan
untuk mengadopsi metode penanganan data yang sesuai
· Peran
mereka bermain dalam membantu orang lain dalam mencari informasi dan manajemen
· Kebutuhan
untuk menyimpan catatan sistematis
· Pentingnya
menyimpan dan berbagi informasi dan data etis
· Peran
profesional, seperti manajer data dan pustakawan, yang dapat memberikan saran,
membantu dan mendukung dengan semua aspek manajemen informasi
Melalui:
· Gunakan
perangkat lunak bibliografi jika sesuai untuk mengelola informasi
· Cite
cetak dan sumber-sumber elektronik dengan menggunakan gaya referensi yang cocok
· Kreasi
bibliografi tepat diformat
· Menunjukkan
kesadaran akan masalah yang berkaitan dengan hak orang lain termasuk etika,
perlindungan data, hak cipta, plagiat dan masalah kekayaan intelektual lainnya
· Memenuhi
standar perilaku untuk integritas akademik
· Gunakan
data yang sesuai perangkat lunak manajemen dan teknik untuk mengelola data
7.
Menyajikan
Dapat menerapkan pengetahuan yang diperoleh:
mempresentasikan hasil penelitian mereka, mensintesis informasi baru dan lama
dan data untuk menciptakan pengetahuan baru dan menyebarkan dalam berbagai cara
Memahami:
· Perbedaan
antara meringkas dan mensintesis
· Bentuk
yang berbeda dari gaya penulisan / presentasi
· Dapat
digunakan untuk menyajikan informasi kepada masyarakat yang berbeda
· Data yang
dapat disajikan dalam berbagai cara
· Tanggung
jawab pribadi mereka untuk menyimpan dan berbagi informasi dan data
· Tanggung
jawab pribadi mereka untuk menyebarkan informasi & pengetahuan
· Bagaimana
pekerjaan mereka akan dievaluasi
· Proses
penerbitan
· Konsep
atribusi
· Individu
dapat mengambil bagian aktif dalam penciptaan informasi melalui penerbitan
tradisional dan teknologi digital (misalnya blog, wiki)
Melalui:
· Gunakan
informasi dan data yang ditemukan untuk mengatasi pertanyaan awal
· Simpulkan
dokumen dan laporan secara lisan dan tertulis
· Memasukkan
informasi baru ke dalam konteks
· Analisa
pengetahuan yang ada dan menyajikan data secara tepat
· Mensintesis
dan menilai informasi baru dan kompleks dari berbagai sumber
· Berkomunikasi
secara efektif menggunakan gaya penulisan yang sesuai dalam berbagai format
Berkomunikasi secara efektif secara lisan
· Pilih
publikasi yang sesuai dan outlet diseminasi di mana untuk mempublikasikan jika
sesuai Mengembangkan profil pribadi di masyarakat menggunakan jaringan yang
sesuai pribadi dan teknologi digital (misalnya daftar diskusi, situs jejaring
sosial, blog, dll ).
Yup, cukup sekian dan semoga artikel ini bermanfaat.:D
Sumber:
https://www.sconul.ac.uk/sites/default/files/documents/coremodel.pdf
0 komentar:
Posting Komentar